IPS 1.alasan Ternate melakukan perlawanan?
2.pemimpin rakyat Aceh dan Ternate yang melakukan perlawanan?
3.hasil perlawan?

pluis dijawab sekarang dikumpulin ​

1.alasan Ternate melakukan perlawanan?
2.pemimpin rakyat Aceh dan Ternate yang melakukan perlawanan?
3.hasil perlawan?

pluis dijawab sekarang dikumpulin ​

Jawaban:

1. Ternate mengadakan perlawanan karena Portugis serakah, ikut campur dalam pemerintahan, membenci agama rakyat Ternate, dan bersikap sewenang-wenang.

2. Pemimpin rakyat Aceh yang melakukan perlawanan Portugis antara lain, Sultan Ali Mughayat Syah, Sultan Alaudin Riayat Syah, dan Sultan Iskandar Muda. Pemimpin rakyat Ternate yang melakukan perlawanan Portugis antara lain, Sultan Hairun dan Sultan Baabullah.

3. Perlawanan rakyat Ternate pertama kali dilakukan oleh Dajalo. Perlawanan tersebut dibantu oleh pasukan dari Kerajaan Ternate dan Bacan. Sayangnya, pasukan tersebut tidak berhasil mengalahkan bangsa Portugis.

Selanjutnya, perlawanan kembali dilakukan oleh rakyat Ternate di bawah pimpinan Sultan Khairun. Perlawanan tersebut kemudian berhasil membuat kesepakatan damai dengan bangsa Portugis.

Perjuangan rakyat Ternate tentu tidak sampai di situ. Perlawanan selanjutnya dilakukan oleh Sultan Baabullah pada tahun 1957 pada Perang Soya-Soya.

Hasil dari perlawanan rakyat Ternate terhadap Portugis pada perang tersebut adalah berhasil mengusir bangsa Portugis dari Ternate.

Bangsa Portugis pun bergeser ke daerah Timor Leste dan Flores untuk kembali melakukan perdagangan dan menguasai wilayah tersebut, seperti sebelumnya.

Penjelasan:

Semoga membantu